Menyuiap Lahan Tidur Jadi Kebun Sayur Subur

Wecome Costarica-Hotelkasha di Situs Kami!

Costarica-Hotelkasha – Pertanian perkotaan atau urban farming adalah praktik bercocok tanam dan mengolah lahan di lingkungan perkotaan. Hal ini merupakan respons kreatif terhadap tantangan yang dihadapi perkotaan saat ini, termasuk pertumbuhan populasi yang terus meningkat, akses terhadap lahan pertanian, dan kebutuhan akan pasokan pangan yang berkelanjutan. Menyuiap Lahan Tidur Jadi Kebun Sayur Subur

Salah satu manfaat utama pertanian perkotaan adalah meningkatkan akses terhadap pangan segar dan berkualitas bagi penduduk kota. Dengan menanam sayuran, buah-buahan, dan rempah-rempah di kota, masyarakat dapat memenuhi sebagian kecil kebutuhan pangannya.

Hal ini mengurangi ketergantungan pada pasokan makanan luar kota dan mengurangi dampak lingkungan dari transportasi jarak jauh. Perluas Akses, Kemenag Rilis Web Ramah Disabilitas di Hari Kemerdekaan

Pertanian perkotaan juga mendukung kelestarian lingkungan dalam beberapa cara. Pertama, mengurangi konsumsi energi yang diperlukan untuk mengangkut produk pertanian dari desa ke kota. Kedua, pertanian perkotaan mengurangi jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan sampah dengan memungkinkan sampah organik dikomposkan.

Selain itu, pertanian perkotaan dapat menciptakan lanskap perkotaan yang hijau, meningkatkan kualitas udara, dan meningkatkan kualitas tanah yang tercemar.

Pertanian perkotaan dapat menciptakan peluang ekonomi bagi masyarakat perkotaan. Petani perkotaan dapat menjual hasil panen mereka di pasar lokal, restoran atau melalui program pengiriman makanan. Hal ini dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi individu dan keluarga, terutama di daerah berpenghasilan rendah.

Namun pertanian perkotaan menghadapi beberapa tantangan. Keterbatasan ruang di lingkungan perkotaan menjadi salah satu kendala utama. Selain itu, permasalahan yang berkaitan dengan kualitas tanah dan keamanan air perlu ditangani. Melindungi tanaman dari polusi dan hama tanaman perkotaan merupakan faktor kunci keberhasilan pertanian perkotaan. Taman Kota di Bandung Utara.

Seni Thani adalah usaha sosial pertanian perkotaan yang diciptakan sebagai respons kreatif terhadap penderitaan banyak anak muda di tengah pandemi COVID-19. Didirikan oleh Vania Febrianti dan Galih yang berusia 28 tahun, Seni Thani berdiri kokoh di Desa Sukamiskin, Kecamatan Arkanamanik, Bandung Utara.

Sejak November 2020, mereka telah mengubah lahan kosong seluas 680 m2 menjadi kebun sayur yang subur. Perusahaan “Seni Thani” memproduksi lebih dari 150 kg sayuran segar dan bergizi tahun lalu.

Yang lebih menarik lagi adalah keunikan cara penyalurannya melalui Kelompok Tani Sauyunan melalui sistem CSA yang merupakan singkatan dari Community Supported Agriculture. Artinya, 24 orang anggota kelompok ini membayar di awal bulan sebelum bibit sayuran ditanam. Oleh karena itu, petani perkotaan mendapat jaminan pendapatan melalui pembayaran pra-panen.

Lahan yang digunakan Seni Thani saat ini terbagi menjadi dua kawasan dengan fungsi berbeda. Setengah dari lahan tersebut berfungsi sebagai taman komunitas bagi 97 anggota yang aktif berkebun bersama. Namun separuhnya lagi dikerjakan oleh dua orang warga lokal yang mempunyai penghasilan tetap sebagai petani perkotaan.

Inisiatif luar biasa ini merupakan respons terhadap melemahnya kondisi ekonomi akibat pandemi COVID-19. Vaniya dan Galih ingin menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. Melalui pengintaian, mereka memanfaatkan lahan kosong yang sebelumnya milik Pemkot Bandung.

Mereka membuktikan bahwa Anda tidak harus memiliki lahan yang luas untuk membuat taman. Siapapun bisa membuat taman dapur sendiri, meski dengan lahan berukuran 1×1 meter. Ini adalah contoh nyata bagaimana kreativitas, kerja keras, dan inisiatif generasi muda dapat mengubah lahan kosong perkotaan menjadi taman komunitas di masa-masa sulit, memperkuat perekonomian lokal dan melindungi ketahanan pangan. Menyuiap Lahan Tidur Jadi Kebun Sayur Subur

Atas kiprahnya yang menginspirasi sebagai urban farmer prabayar, Vania Febryanti dianugerahi SATU Indonesia Awards 2021 bersama para inspiratif lainnya.

Baca artikel bacaan menarik lainnya di tautan ini. Memperkenalkan Desa Vavowa, calon pemenang kategori desa Wilayah Tengah Program Pedesaan BRILLIA. BRILLIA Rural Program tahun 2023 menghadirkan penghargaan dalam beberapa kategori, salah satunya adalah SDG Sector Special Award. Costarica-Hotelkasha 4 Februari 2024